Tugu Tirta Luncurkan TANIA, BUMD Air Minum Pertama di Indonesia dengan Layanan Pelanggan Berbasis AI.

Pemaparan aplikasi berbasis AI (TANIA) Tugu Tirta. (Foto : Doni Kurniawan/Suarapancasila.id)

MALANG (JATIM), SUARAPANCASILA,ID– Sebuah terobosan lahir dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Untuk pertama kalinya di Indonesia, BUMD air minum meluncurkan aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) bernama Tugu Tirta Asisten Informasi dan Aduan (TANIA), Rabu (27/08/2025).

Kehadiran TANIA yang dilaunching langsung oleh Walikota Malang; Dr Ir Wahyu Hidayat, MM, menandai langkah maju dalam pelayanan publik yang semakin modern, responsif dan dekat dengan pelanggan.

Dikesempatan ini, Walikota Malang tak lupa memberikan apresiasianya dan berharap inovasi dari Tugu Tirta tesebut, dapat menjadi contoh bagi Organisasi Perangkat Daerah lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap OPD lainnya, khususnya di bidang pelayanan untuk dapat mencontoh Tugu Tirta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Wahyu Hidayat.

Lanjutnya, Respon dan pelayanan makin cepat tetapi hemat sumber daya untuk mendukung Dasa Bakti Program Unggulan Walikota Malang yaitu Ngalam Nyaman.

Walikota Malang Wahyu Hidayat tekan tombol pertanda Aplikasi TANIA Tugu Tirta resmi di luncurkan. (Foto : Doni Kurniawan/Suarapancasila.id)

Kehadiran TANIA juga menjadi bukti bahwa BUMD bisa sejajar dengan perusahaan-perusahaan besar dalam mengadopsi teknologi terbaru. Langkah berani Tugu Tirta ini diharapkan dapat menginspirasi BUMD lain untuk ikut bertransformasi digital.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta; Priyo Sudibyo, SE, S.Sos, MM menegaskan, kehadiran TANIA merupakan wujud nyata komitmen perusahaan untuk selalu berinovasi.

“Kami ingin memastikan pelanggan semakin mudah berinteraksi dengan Tugu Tirta. Tidak hanya soal layanan teknis, tapi juga akses informasi yang cepat, tepat dan transparan. Dengan dukungan teknologi AI, pelanggan bisa mendapatkan jawaban instan sesuai kebutuhannya,” ujarnya.

Lebih dari sekadar chatbot, TANIA dirancang sebagai mitra digital yang mampu belajar dan beradaptasi dengan pola pertanyaan pelanggan. Artinya, semakin sering digunakan, semakin cerdas pula sistem ini memberikan solusi. Hal itu sekaligus menegaskan bahwa Tugu Tirta tak sekadar menyediakan air minum, tapi juga pengalaman layanan modern yang sejalan dengan perkembangan zaman.

Senada dengan Walikota Malang, Ketua Umum Perpamsi, Ir. Arif Wisnu Cahyono, ST turut serta hadir, juga memberikan apresiasi khususnya.

“Kami apresiasi, karena Tugu Tirta menjadi BUMD Air Minum pertama yang adaptif, dengan pemanfaatan kecerdasan buatan untuk konsen pada pelayanan prima pada pelanggan,” ujarnya.

Dengan TANIA, Perumda Tugu Tirta kembali membuktikan diri sebagai pionir. Pelanggan kini semakin dimanjakan dengan layanan yang cepat, praktis dan humanis. Sebab, bagi Tugu Tirta, kepuasan pelanggan adalah tujuan utama sekaligus energi untuk terus berinovasi.

Walikota Malang Wahyu Hidayat menyampaikan sambutan saat lounching aplikasi berbasis AI (Tania) Tugu Tirta. (foto : Doni Kurniawan/Suarapancasila.id)

Disamping itu, Melalui TANIA, pelanggan kini tidak perlu lagi repot mencari informasi atau menunggu lama saat ingin menyampaikan keluhan. Cukup lewat genggaman, asisten virtual ini siap melayani selama 24 jam penuh, setiap hari. Dari pengecekan tagihan, tata cara pengajuan sambungan baru, hingga pelaporan gangguan aliran, semuanya bisa dilakukan secara praktis lewat layanan pintar ini.

Pewarta : Doni Kurniawan
Editor : Denny W

Pos terkait

Settia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *