Palembang (Sumsel), Suara Pancasila.id – Menyambut angkutan Lebaran Idul Fitri tahun 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang terus menjaga komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memberikan pembekalan dan penyegaran pengetahuan kepada petugas Kebersihan dan Keindahan (K2) di stasiun serta optimalisasi pencucian kereta guna memastikan kebersihan dan estetika stasiun serta rangkaian kereta api tetap terjaga selama periode angkutan Lebaran.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan bahwa pembekalan ini mencakup materi penyegaran terkait service on board cleaning dan cleaning building service yang berfokus pada standar kebersihan di area stasiun maupun dalam kereta.
“Kami ingin memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman, bersih, dan berkesan selama Angkutan Lebaran 2025. Oleh karena itu, kesiapan layanan kebersihan menjadi salah satu prioritas utama kami,” ungkap Aida.
Aida menambahkan, kegiatan pembekalan ini diberikan kepada kepala dan pengawas yang membidangi kebersihan stasiun, on-trip cleaning (OTC) atau kebersihan di dalam perjalanan kereta, serta cuci kereta. Para petugas mendapatkan pelatihan khusus untuk memastikan bahwa seluruh aspek kebersihan dapat dikelola secara efektif dan efisien, terutama dalam menghadapi lonjakan jumlah penumpang saat musim mudik Lebaran.
Selain itu, dalam pembekalan ini juga disampaikan berbagai potensi tantangan selama angkutan Lebaran, seperti meningkatnya kebutuhan pelanggan akan fasilitas kebersihan, kemungkinan kerusakan fasilitas, serta potensi keluhan pelanggan terkait kebersihan. Evaluasi kinerja kebersihan dan diskusi mengenai tugas di stasiun maupun di dalam kereta juga dilakukan untuk mengoptimalkan layanan.
“Saat ini, KAI Divre III Palembang mengelola kebersihan dan keindahan (K2) di 33 stasiun dan 2 Trainset KA reguler yakni KA Bukit Serelo dan KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau, ditambah lagi pengawasan pencucian kereta KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang yang berangkat dari Stasiun Kertapati,” ujar Aida.
Untuk memastikan layanan kebersihan tetap optimal, KAI Divre III Palembang telah menyiapkan total 142 petugas kebersihan stasiun, 17 petugas OTC (On Trip Cleaning) dan 26 petugas cuci kereta. Melalui para petugas kebersihan tersebut, KAI Divre III Palembang optimis dapat menjaga kebersihan stasiun dan kereta agar tetap nyaman bagi para pemudik.
Fokus pada keindahan dan kebersihan ini merupakan bagian dari upaya KAI Divre III Palembang dalam menghadirkan layanan transportasi yang tidak hanya aman dan tepat waktu, tetapi juga memberikan pengalaman perjalanan yang tenang dan lebih menyenangkan.
“KAI Divre III Palembang berkomitmen untuk terus menjaga pelayanan kebersihan di stasiun dan kereta terutama pada masa angkutan Lebaran ini guna menghadirkan perjalanan mudik yang menyenangkan dan semakin berkesan,” tutup Aida.(*)